RESPONSE TIME

Interaksi manusia dan komputer (bahasa Inggris: human–computer interaction, HCI) adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan elektronik. Sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan. Dalam IMK terdapat berbagai materi atau aspek yang harus diketahui yaitu :
-       Aspek User/Manusia
-       Menu
-       Fill In Form
-       Error Handling
-       Natural Language
-       Organization Of Function
-       User Documentation
-       Response Time
Pada kesempatan kali saya akan membahas tentang Response time, yaitu waktu tanggap yg diberikan oleh antar muka/interface ketika user merequest/ mengirim permintaaan ke komputer. Secara umum, pengguna menginginkan bahwa program aplikasinya dapat memberikan waktu tanggap yang sependek – pendeknya. Waktu tanggap yang lama, lebih dari 14 detik akan menyebabkan perhatian pengguna terpecah ke aktifitas lain, waktu tanggap yang kurang dari 2 detik dianggap cukup memadai.
-       INPUT – Otak memerlukan waktu untuk mencerna input dari mata.
-       EXECUTION – Diperlukan waktu untuk melakukan proses informasi yang diterima dari mata. Pertimbangan program yaitu ketika mata melihat gambar jelek maka output keluar berupa kata kata dari mulut.
-       OUTPUT – Mulut menerima sinya dari otak dan keluar ucapan.
Mengapa dibutuhkan response time? Karena pengelolaan response time dari sebuah sistem software membutuhkan adanya sistem penjadwalan. Tujuan dari response time adalah optimasi kinerja pada komputer, kriteria kinerja yang diuji dalam response time ada 5 yaitu :
-        Fairness
-        Efisiensi
-        Waktu Tanggap
-        Turn Around Time
-        Throughput

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI

-          Jumlah Pengguna, Semakin banyak jumlah pengguna yang mengakses aplikasi pada waktu yang bersamaan maka akan membuat performa dari aplikasi tersebut menurun.
-          Kecepatan Transmisi atau kecepatan transfer data.
Previous
Next Post »