ERROR HANDLING

Interaksi manusia dan komputer (bahasa Inggris: human–computer interaction, HCI) adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan elektronik. Sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan. Dalam IMK terdapat berbagai materi atau aspek yang harus diketahui yaitu :
-       Aspek User/Manusia
-       Menu
-       Fill In Form
-       Error Handling
-       Natural Language
-       Organization Of Function
-       User Documentation
-       Response Time
Pada kesempatan kali saya akan membahas tentang Error Handling. Error Handling adalah suatu penanganan kesalahan (error) pada berbagai macam keadaan dalam pemrograman. Dengan adanya error handling ini maka setiap ada kesalahan, maka eksekusi program tidak akan dihentikan secara tiba tiba tetapi akan diteruskan ke barisan script penanganan kesalahan. Contoh :


Pada gambar diatas ditunjukan kesalahan yang diakibatkan salah pengisian yang seharusnya diisi angka tetapi disitu diisikan huruf. Dengan adanya Error Handling ini maka program akan semakin user friendly bagi penggunanya, dan akan mengatasi kesulitan bagi para programmer apabila ingin mendefinisikan suatu kejadian yang tidak diinginkan dieksekusi. Untuk membuat error handling, programer juga harus tau kesalahan apa saja yang sering dilakukan oleh user agar error handling bisa beerja dengan seharusnya. Berikut adalah tipe-tipe kesalahan yang sering dilakukan user :
-    Mistakes, yaitu kesalahan yang terjadi ketika user sudah melakukan hal yang benar namun yang sebenarnya terjadi adalah user sedang melakukan kesalahan. Biasanya terjadi ketika user salah mengartikan sebuah icon atau user membuka file yang tidak ada.
-    Slip, yaitu kesalahan yang terjadi diluar keinginan atau kehendak user. Seperti salah pengetikan atau salah memilih menu.

MACAM-MACAM ERROR

-  Perceptual Error, yaitu kesalahan yang disebabkan karena ketidakjelasan petunjuk penggunaan dan menyebabkan kesalahtanggapan pengguna/user. Contoh, angka 8 yang mirip seperti huruf B, angka 1 yang mirip huruf I dsb.
-    Motor Error, yaitu kesalahan yang disebabkan oleh adanya ketidaksinkronan antara mata, tangan, dan kemampuan user. Contoh, user salah ketik yang diakibatkan oleh pengetikan yang terlalu cepat.
-      Cognitive Error, yaitu kesalahan yang disebabkan oleh kemampuan memecaahkan oleh user, terlalu banyak konteks dan informasi status. Contoh, argumen yang tidak konstan pada syntax cmd.

MEMBUAT ERROR HANDLING YANG BAIK

-        Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh user.
-        Jangan menggunakan kata-kata yang terkesan menyalahkan user.
-    Hindari kata-kata seperti : bad, dummy, dll karena hal ini dapat menyebabkan user merasa dirinya bodoh.
-    Hindari kalimat perintah, sehingga user merasa sistem yang dibuat sudah menyediakan apa yang dibutuhkan oleh user.
-        Membuat FAQ (Frequently User Question) yaitu pertanyaan yang sering diajukan oleh user.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ERROR HANDLING

Kelebihan :
-        Membantu user dalam menangani kesalahan.
-        Mempermudah programer dalam pendeksian kesalahan.
-        User tidak perlu melakukan restart program setelah terjadi kesalahan.
-        Resiko kehilangan data bisa diminimalisir.
Kekuraangan :
-        Memperumit kode program
-        Programer harus benar benar tahu kesalahan apa yang kemungkinan muncul.
-        Satu fungsi pada program bisa memiliki berbagai kemungkinan kesalahan.






Previous
Next Post »