ORGANIZATION OF FUNCTION

Interaksi manusia dan komputer (bahasa Inggris: human–computer interaction, HCI) adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan elektronik. Sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan. Dalam IMK terdapat berbagai materi atau aspek yang harus diketahui yaitu :
-       Aspek User/Manusia
-       Menu
-       Fill In Form
-       Error Handling
-       Natural Language
-       Organization Of Function
-       User Documentation
-       Response Time
Pada kesempatan kali saya akan membahas tentang Organization Of Function, Yaitu suatu teknik pengelompokan menu berdasarkan fungsinya. Menu-menu tersebut saling berkaitan dengan nama menu bar-nya. Di dalam organization of function, menu, form fill in, dan dialog box berperan sangat penting karena dengan adanya ketiga aspek tersebut sebuah sistem bisa menjadi lebih sensible, komprehensif, dan lebih mudah diingat.

POOR ORGANIZATION OF FUNCTIONALY

Bagan tersebut adalah contoh poor organization of functional karena dalam pengoperasiannya terlalu berbelit-belit.  Misal dalam pembuatan dokumen apabila kita akan mengedit sebuah dokumen maka kita harus kembali ke menu utama dulu untuk melakukan proses selanjutnya.

GOOD ORGANIZATION OF FUNCTIONALY

Bagan tersebut adalah contoh good organization of functional karena apabila kita akan mengedit sebuah dokumen kemudian kita akan mencetak dan mengirim kita tidak perlu bolak balik ke menu utama.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
Kelebihan :
-       Menu menjadi tertata rapih sesuai fungsinya.
-       Mudah dan cepat ditemukan.
-       Membuat tampilan menjadi lebih baik.
-       Memudahkan user baru menemukan menu yang dicari.
Kekurangan :
-       Membutuhkan waktu yang lama dalam pembuatannya.
-       Memperumit kode program.
-       Menimbulkan efek kompleks pada interface.












Previous
Next Post »