NATURAL LANGUAGE

Interaksi manusia dan komputer (bahasa Inggris: human–computer interaction, HCI) adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan elektronik. Sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan. Dalam IMK terdapat berbagai materi atau aspek yang harus diketahui yaitu :
-       Aspek User/Manusia
-       Menu
-       Fill In Form
-       Error Handling
-       Natural Language
-       Organization Of Function
-       User Documentation
-       Response Time
Pada kesempatan kali saya akan membahas tentang Natural Language. Natural Language Processing (NLP) adalah salah satu bidang ilmu komputer, kecerdasan buatan, dan bahasa (linguistik) yang berkaitan dengan interaksi antara komputer dan bahasa alami manusia, seperti bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. NLP digunakan untuk komunikasi antara manusia dan komputer seperti bahasa C dan C++ yang digunakan untuk membuat program. Contoh lainnya yaitu seperti komputer jarvix pada film Iron Man yang bisa diperintah melalui suara, akan tetapi itu hanya terdapat dalam film. Seiring berkembangnya zaman, komputer seperti jarvix sudah mulai ada di dunia nyata seperti aplikasi OK GOOGLE yang bisa berinteraksi langsung dengan suara manusia.

Poole dan Mackworth menjelaskan bahwa 3 aspek utama pada teori pemahaman mengenai natural language, yaitu :
1.    Syntax, yaitu pemahaman dalam urutan kata dalam pembentukan kalimat dan hubungan antar kata tersebut dalam proses perubahan bentuk dari kalimat menjadi bentuk yang sistematis.
2.    Semantics, yaitu pemetaan bentuk struktur sintaksis dengan memanfaatkan tiap kata ke dalam bentuk yang lebih mendasar dan tidak tergantung struktur kalimat. Semantik mempelajari arti suatu kata dan bagaimana dari arti kata - arti kata tersebut membentuk suatu arti dari kalimat yang utuh.
3.    Pragmatics, pengetahuan pada tingkatan ini berkaitan dengan masing – masing konteks yang berbeda tergantung pada situasi dan tujuan pembuatan sistem.
Secara umum, jenis aplikasi yang bisa dibuat menggunakan NLP ada 2, yaitu:
1.      Text-based application, aplikasi yang melakukan proses terhadap teks tertulis seperti e-mail. Jenis aplikasi NLP berbasis teks yaitu,
a.       Programs for classifying and retrieving documents by content, Program yang mampu mengklasifikasi dan mengambil isi dari suatu dokumen berdasarkan kontennya. Seperti spam filtering (pemfilteran pesan sampah).
b.      Mesin Terjemahan, seperti google translate.
2.      Dialogue-based application, aplikasi yang melibatkan bahasa lisan atau pengenalan suara dan juga melibatkan interaksi dialog seperti, simSimi dan sebagainya.
Contoh Natural Language berbasis web :









Previous
Next Post »